PALEMBANG, seputarsumsel.co.id – Sebanyak 85 wartawan yang bertugas di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti orientasi calon anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Hotel Amaris Palembang, Kamis (7/11/2019) dimulai sekira pukul 09.00 WIB. Orientasi dibuka oleh Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumsel Anwar Sy Rasuan dalam laporannya mengungkapkan jika PWI Sumsel sampai saat ini sudah 7 kali melaksanakan orientasi. Hari ini yang terbanyak dengan diikuti oleh sebanyak 85 orang peserta.

“Ada 85 orang peserta yang berasal dari Kabupaten OKI, OKU Selatan, PALI, Lahat, OKU Timur, Ogan Ilir dan Prabumulih,” ungkapnya.

Dikatakannya, PWI merupakan salah satu konstituen Dewan Pers yang secara legal sudah memenuhi persyaratan yang diterapkan negara.

Dalam penyeleksian calon anggota, lanjut dia PWI mengacu pada standar Dewan Pers, dimana status perusahaan pers, kompetensi, dan profesional dalam hal menulis.

“Disini kita juga telah menegaskan kepada panitia orientasi agar tidak pilih kasih, jangan KKN, bekerjalah secara profesional sehingga tujuan dan pencapaian digelarnya orientasi ini dapat sesuai dengan apa yang kita harapkan,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar dalam sambutannya menyambut gembira antusiasme para peserta dalam orientasi kali ini. Ia juga menuturkan PWI Sumsel menggelar orientasi terhadap wartawan di wilayah se-Sumsel untuk menjadi calon anggota PWI yang baru maupun peningkatan status dari muda ke biasa.

“Pada intinya orientasi ini sebagai filter untuk mencari wartawan yang memang benar-benar menjadi seorang wartawan berkualitas bukan wartawan abal abal,” katanya.

Firdaus berharap peserta orientasi ini memang benar-benar dapat menjadi bagian dari anggota PWI yang cerdas dan berkualitas.

“Tujuan orientasi ini juga untuk menjaring atau memperketat keanggotaan PWI yang memang benar-benar berkualitas. Jadilah wartawan profesional beretika dan bermartabat,” tegasnya.

BACA JUGA   Pemerintah Kota Prabumulih Menggelar Senam Pagi Bersama Masyarakat di Taman Kota Prabujaya