Produksi Ikan Tangkap Indonesia Meningkat, Bagaimana Mempertahankannya ?

Seputarsumsel.co.id – Indonesia merupakan negara maritim, yaitu suatu negara yang daerah teritorial lautnya lebih luas dibandingkan dengan teritorial daratnya. Pendapat lain juga mengatakan bahwa pengertian negara maritim adalah suatu negara yang memiliki banyak pulau atau disebut dengan negara kepulauan. Indonesia secara geografis merupakan sebuah negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan. Terbukti dengan adanya garis pantai di Indonesia dengan panjang sekitar 99.000 km yang menjadikan Indonesia menempati urutan kedua setelah Kanada sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Potensi geografis ini sangat menguntungkan bagi Indonesia terutama untuk memajukan perekonomian dan juga menjadi salah satu faktor yang membuat Indonesia menjadi salah satu negara penghasil ikan terbesar di dunia dengan peringkat ketiga setelah China dan India. Hal ini membuat Indonesia memiliki berbagai macam keanekaragaman laut baik hewan maupun tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan manusia. Salah satunya adalah ikan yang terdapat di laut.

Produksi Ikan Tangkap di Indonesia

Menurut data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, produksi ikan tangkap di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Peningkatan terjadi pada tahun 2012-2017. Pada tahun 2012 tercatat produksi ikan tangkap adalah sebanyak 5,83 juta ton. Pada tahun 2013 meningkat sehingga menjadi 6,12 ton. Lalu, pada tahun 2014 produksi perikanan tangkap kembali menunjukkan peningkatan menjadi 6,48 juta ton. Di tahun 2015, angka produksi ikan tangkap naik lagi menjadi 6,52 juta ton. Dan di tahun 2016 produksi ikan tangkap menjadi 6,83 juta ton. Di tahun 2017, produksi perikanan tangkap kembali mencatat kenaikan menjadi 7,7 juta ton. Hal ini sangatlah menguntungkan bagi Indonesia, khususnya bagi para nelayan. Tentunya, kenaikan produksi ikan ini harus tetap dipertahankan karena sektor industri perikanan juga berperan penting dalam pembentukan PDB nasional.

Upaya Mempertahankan Produksi Ikan di Indonesia

Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produksi ikan di Indonesia. Salah satu cara yang telah dilakukan adalah menenggelamkan kapal asing atau ilegal yang mencoba mencuri ikan di perairan Indonesia. Kebijakan yang dimulai pada tahun 2014 membuahkan hasil, sebanyak 488 kapal ikan ilegal berhasil ditenggelamkan. Tentu saja hal ini akan berdampak positif pada produksi ikan di Indonesia.

Dengan adanya tren produksi ikan tangkap yang selalu meningkat, pemerintah tetap perlu waspada terhadap hal-hal yang dapat mengganggu produksi ikan tangkap di Indonesia. Pemerintah perlu waspada terhadap adanya penjualan ikan ilegal yang terjadi di tengah laut, yang melibatkan nelayan, pemilik kapal atau warga yang memang berkolaborasi dalam kegiatan tersebut. Pemerintah juga perlu memastikan seluruh program infrastruktur dan teknologi yang terkait dengan sektor perikanan dan kelautan segera diwujudkan. Dengan adanya infrastruktur dan teknologi yang memadai, tentunya akses dalam distribusi ikan ke seluruh wilayah Indonesia dapat dilakukan. Satu hal yang tidak kalah penting adalah upaya menjaga kebersihan laut dari sampah. Hal ini penting untuk disadari oleh seluruh masyarakat Indonesia agar tetap selalu menjaga kelestarian lingkungan darat maupun air. Semakin banyak sampah terutama di laut, maka semakin besar pula ancaman kerusakan ekosistem di laut. Wilayah laut Indonesia memiliki banyak terumbu karang yang juga merupakan tempat berkembang biak bagi berbagai jenis ikan yang tentunya harus dilestarikan dan tentunya dijaga dari pengaruh buruk sampah. Sehingga populasi ikan khususnya ikan di wilayah perairan Indonesia tetap terjaga.

Penulis : Adrian Firmansyah (Mahasiswa Politeknik Statistika STIS)

admin

Menyajikan Berita Terkini Seputar Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *