seputarsumsel.co.id-PRABUMULIH – PT Pertamina Asset 2 Limau Field bersama Pemerintah kota Prabumulih meresmikan kawasan Pertaganik (Pertanian dan Toga Organik) di desa Karya Mulya Kecamatan Rambang Kapak Tenga (RKT) kota Prabumulih.

Kegiatan itu di hadiri oleh Wakil Walikota Prabumulih H Andriansya Fikri, Ketua TP PKK Ibu Hj Suryanti Ngesti Rahayu Ridho, Kepala Dinas Pertanian Syamsu Rizal. Kepala Dinas Kesehatan Hapy Tedjo, Seluruh staf perangkat dari desa Karya Mulya.

Desa Karya Mulya Telah menyediakan berbagai jenis tanaman Toga seperti Tomat ,Terong,Kumis kucing,lidah buaya,daun pegagan,lidah mertua,kangkung dan banyak jenis yg lain.Tanaman tanaman tersebut sudah ditanam sekitar lima bulan yg lalu dan dibimbing langsung Yayasan kurius dari jawa barat .kegiatan ini pun mendapat dukungan dana CSR Pertamina eksplorasi Produksi (EP).

Dalam kegiatan itu juga Ketua TP PKK Ibu Hj Suryanti Ngesti Rahayu berkesempatan meresmikan Program pertanian sehat dan ramah lingkungan berkelanjutan (PPSRL) dengan di dampingi Wakil Walikota H Andriansya Fikri SH

Dikatakan M. Nur selaku Limau Field Manager mengatakan kegiatan ini adalah salah satu bentuk perhatian PT Pertamina terhadap masyarakat khususnya petani melalui Program CSR.

“Pertamina selalu memberikan Bantuan yang berbentuk CSR kepada masyarakat yang ada di sekitar area operasi sehingga kedepanya daerah tersebut dapat mandiri dan berdiri sendiri,”katanya.

Pertamina Ep menyerahkan bantuan berbagai macam tanaman organik di area operasi desa Karya Mulya serta memberikan pendampingan kerja selama satu tahun untuk mengelolah tanaman organik seperti pendampingan pertanian di kebun karet organik.

Melalui penelitian dengan kontrak pendamping setiap daerah mendapatkan bentuk bantuan CSR berbeda-beda sesuai dengan area operasi.

M. Nur menambahkan Pertamina Ep mendapakan penghargaan proklim di bidang pengelolahan Pupuk Kompas Organik yang ada di desa Sinar Rambang dan Kecamatan RKT.

BACA JUGA   Rombongan Pj Bupati PALI Tinjau Rumah Sakit Pratama Tanah Abang Sebelum Difungsikan

“Pencapaian terbaru dari binaan PT Pertamina Ep di Tahun 2019 melalui program CSR di bidang khususnya Pertanian dengan mendapatkan penghargaan dari pengelolahan Pupuk Kompas Organik yang ada di desa Sinar Rambang dan Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) dan penghargaan itu akan di ambil oleh Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya Mm,”bebernya.

Sementara itu Wakil Walikota Prabumulih H Andriansya Fikri SH mengapresiasi apa yang telah diperbuat oleh PT Pertamina dan berharap daerah lain juga mendapatkan hal demikian.

“Saya bangga atas kemampuan warga Desa Karya Mulya terutama kelompok tani wanitanya,karna dapat memproduksi hasil TOGA nya tanpa sentuhan bahan kimia,”ujarnya.

Wawako menambahkan “Semoga ini dapat menjadi contoh untuk perkembangan di daerah lain dalam hal ini pemerintah sangat mendukung dan siap membantu untuk kegiatan seperti ini,”tutupnya.