OGAN ILIR, – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-60, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjung Raja menggelar kegiatan donor darah yang bertujuan untuk membantu meningkatkan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Kolaborasi ini melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten OKI, yang turut serta dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut, Rabu (17/4).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Tanjung Raja, Batara Hutasoit mengawali kegiatan dengan menjadi pendonor pertama. Selanjutnya pegawai, anggota Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) dan warga binaan Lapas Tanjung Raja, juga ikut aktif dalam memberikan sumbangsih darah mereka.

Proses donor darah dilakukan setelah melalui tahap screening sesuai dengan standar operasional prosedur, memastikan bahwa para pendonor dalam kondisi sehat dan layak untuk mendonorkan darah.

Hasilnya, Lapas Tanjung Raja berhasil mengumpulkan sebanyak 27 kantong darah, yang akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan semangat kepedulian sosial dari pihak Lapas dan PMI, tetapi juga menunjukkan partisipasi aktif dari seluruh anggota komunitas Lapas Tanjung Raja, termasuk pegawai dan warga binaan.

Kalapas Tanjung Raja, Batara Hutasoit menegaskan, bahwa kegiatan donor darah ini tidak hanya sekadar merayakan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan, tetapi juga menjadi cermin semangat kepedulian sosial yang harus terus diperjuangkan.

“Momentum ini akan menginspirasi banyak pihak, baik di dalam maupun di luar lembaga pemasyarakatan, untuk terus berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Menurut Batara Hutasoit, dengan bersama-sama berkomitmen untuk saling membantu sesama, maka kita dapat membangun lingkungan yang lebih inklusif dan peduli terhadap kebutuhan orang lain. Sehingga dapat menciptakan masyarakat yang lebih kuat dan berdaya.

BACA JUGA   Pj Wako Prabumulih, Kapolres, Kejari Tinjau Kesiapan Pemasangan Jembatan Balley