Sepitarsumsel.co.id – Muratara – Untuk menghasilkan operator yang berkompeten, Dinas Pendidikan (Disdik) adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kompetensi operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) jenjang Paud se-Kabupaten Muratara.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di SMP Negeri 1 Rupit, dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Suhardiman, dihadiri Kabid Paud Lindawati dan ratusan peserta operator Dapodik. Kamis (07/03/2024)

Kepala Disdik Muratara melalui Kabid Paud Lindawati menyampaikan Bimtek Dapodik ini sangat penting, karena database pendidikan yang dikelola langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lanjutnya data yang ada didalam Dapodik ini memuat data penting mulai dari data guru, peserta didik, tenaga kependidikan hingga substansi pendidikan.

“Aplikasi Dapodik ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan harus dilakukan pemutakhiran data secara berkala,”ungkapnya.

Ia menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah guna menghasilkan operator yang berkompeten dalam penggunaan aplikasi Dapodik.

“Sasarannya merupakan seluruh operator Dapodik jenjang Paud yang ada di Kabupaten Muratara,”jelasnya.

Sementara itu, Bupati Muratara Devi Suhartoni diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Suhardiman dalam sambutannya menyampaikan mengharapkan seluruh operator Dapodik dapat mengikuti Bimtek ini dengan serius, mengingat kemajuan dunia pendidikan di kabupaten Muratara berdasarkan keakuratan data yang disampaikan.

“Ini kan menyangkut kemajuan dunia pendidikan, maka dari itu harapan kami agar dapat mengikuti Bimtek dengan serius, sehingga tidak ada kendala kedepannya dalam mengelola data Dapodik,”harapnya (YAN)

BACA JUGA   Partai Demokrat Prabumulih Serahkan Berkas Pendaftaran Bacaleg ke KPU