PRABUMULIH, SEPUTAR SUMSEL – Harga cabai di pasar, masih relatif pedas alias mahal. Menyiasati itu, Pemkot Prabumulih bersama TP PKK dan Dinas Pertanian melakukan gerakan tanam cabai, Senin, 4 Maret 2024.

Dipusatkan di Pokdadan Usaha Mina di Kelurahan Cambai, Kecamatan Cambai diikuti KWT, Poktan hingga Gapoktan dalam Gerakan Tanam Cabai Serentak Se-Indonesia pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-52 secara virtual.

Gerakan Tanam Cabai serentak se-Indonesia itu, diselenggarakan serentak oleh TP PKK Pusat, diikuti TP PKK provinsi/kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Acara dipusatkan di Alun-alun Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan dibuka langsung Ibu Negara Hj Iriana Jokowi. Sedangkan daerah lain melakukan secara virtual (hibrida) melaui zoom meeting.

“Kegiatan ini merupakan salah satu langkah menangani inflasi komoditas cabai saat ini sedang mengalami kenaikan harga,” ungkap Staff Ahli Wako Prabumulih, Mulyadi Karoman.

Akunya, melalui gerakan tanam cabai diharapkan masyarakat dapat mengoptimalkan lahan pekarangan rumah ditanami cabai. “Sehingga, kebutuhan pangan keluarga, khususnya cabai akan terpenuhi,” tuturnya.

Terpisah, Pj Ketua PKK Prabumulih, Hj Windriana Elman pun mengharapkan agar gerakan ini dapat menjadi stimulan serta salah satu upaya Pemkot Prabumulih di bidang Pertanian dalam mengendalikan inflasi daerah khususnya di Prabumulih.

“Penanaman bibit cabai diharapkan dapat menjadi sinergi bantuan sarana prasarana pertanian telah direalisasikan pada poktan, gapoktan turut membantu pengendalian inflasi dan menjadi salah satu upaya pada peningkatan produktifitas komoditas cabai di Prabumulih,” kata dia.

BACA JUGA   PT PLN NP UPK Bukit Asam Bersama PT Natafari Gandeng PMI Muara Enim Adakan Sosialisasi P3K