PRABUMULIH, SEPUTAR SUMSEL – Surat suara rusak dan kelebihan, hasil sortir sebelum dilakukan KPU Prabumulih. Akhirnya, dilakukan pemusnahan di Gudang Logistik KPU Prabumulih, Selasa, 13 Februari 2024 secara simbolis.

Rinciannya; Capres sebanyak 58 lembar, DPR RI sebanyak 592 lembar, DPRD Provinsi sebanyak 842 lembar, DPRD Kota sebanyak 158 lembar, dan DPD RI sebanyak 731 lembar.

Pj Sekda Prabumulih, Drs Aris Priadi SH MSi mengatakan, pemusnahan surat suara rusak dan kelebihan merupakan proses dan tahapan Pemilu 2024.

“Guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan, khususnya penyalahgunaan surat suara,” jelas Aris.

Hal ini juga, sebagai bentuk transparansi dilakukan KPU Prabumulih dan tidak ada disembunyikan. Sekaligus, juga bentuk kepercayaan masyarakat kepada Pemilu 2024.

“Ini bukti, seluruh proses dilakukan KPU Prabumulih, proses benar dan jumlah diinformasikan secara detail tadi,” bebernya.

Ia berharap, tahapan telah dilakukan bisa terus berjalan lancar tahap pencoblosan besok pagi dan penghitungan surat suara dan selanjutnya.

“Semoga Pemilu 2024, berlangsung sukses aman dan lancar. Dalam melaksanakan rangkaian kegiatan tahapannya,” tandasnya.

Terpisah, Ketua KPU Prabumulih, Marta Dinata SST menjelaskan, memang sesuai ketentuan pemusnahan surat suara rusak dan lebih dilakukan H-1.

“Ini hasil tindak lanjut, hasil sortir dan lipat telah dilakukan KPU Prabumulih sebelumnya,” ucapnya.

Tak lupa, ia berterima kasih atas kehadiran Perwakilan Polres dan Bawaslu serta TNI dan lainnya ikut melakukan pemusnahan.

“Setelah pemusnahan, dilakukan penanda tangan berita acara. Terima kasih, bersusah payah pendistribusian logistik Pemilu 2024. H-1 sudah di TPS semuanya,” tutupnya.

BACA JUGA   Kapolres Prabumulih Tinjau Banjir Bersama Pj Wako, Siagakan Petugas Dirikan Posko Terpadu, Bantu Warga Banjir Payuputat